Breaking News
Loading...
Tuesday, September 17, 2013

Cara Melihat Informasi Hardware di Linux

5:05 AM
linux
Pemahaman mengenai perangkat keras termasuk salah satu hal penting yang wajib diketahui oleh para pengguna komputer. Tak terkecuali pengguna Linux. Hal ini berkaitan dengan troubleshooting jika sewaktu-waktu komputer mengalami masalah. Informasi mengenai spesifikasi hardware sebenarnya bisa didapatkan dengan membaca informasi  pada fisik perangkat keras yang bersangkutan. Tapi, jika komputer sudah dirakit dan terpasang dalam casing tentu hal itu menjadi mustahil untuk dilakukan. Apalagi jika informasi yang ingin dibaca adalah perangkat laptop. Tentu akan semakin lucu jika harus membongkar laptop hanya untuk membaca spesifikasi hardware
Di komputer berbasis Linux Anda dapat melihat spesifikasi hardware melalui beberapa tool yang biasanya sudah disediakan. Sayangnya, kebanyakan tool tersebut berbasis text sehingga agak menyulitkan bagi para pengguna yang baru saja beralih ke Linux. Kabar baiknya, beberapa distro telah menyediakan aplikasi berbasis grafis yang dapat Anda gunakan untuk melihat informasi lengkap mengenai spesifikasi hardware yang digunakan dalam komputer Anda. Salah satunya adalah hardinfo
Informasi yang ditampilkan hardinfo cukup lengkap. Hampir seluruh informasi hardware bisa dilihat melalui aplikasi ini. Informasi yang Anda butuhkan dibagi dalam empat kategori dengan masing-masing kategori memiliki beberapa sub kategori. Yang menarik, informasi-informasi tersebut dapat digenerate ke dalam format HTML serta dapat dicopy kedalam aplikasi Office Drawing untuk keperluan lanjutan. Sehingga Anda tak harus selalu membuka aplikasi hardinfo untuk melihat spesifikasi hardware di komputer.
Dibawah ini akan dicontohkan  cara instalasi dan penggunaan hardinfo di distro Ubuntu 13.04. Anda dapat menginstall aplikasi ini melalui Ubuntu software center, Synaptic maupun via teks menggunakan perintah apt-get.
$sudo apt-get install hardinfo
Jika sudah terinstall buka aplikasi hardinfo. Ketikkan kata kunci hard di menu dash
Screenshoot

Jika aplikasi sudah terbuka Anda dapat mulai membaca-baca informasi mengenai spesifikasi hardware yang ada di komputer Anda. Disebelah kiri terdapat beberapa jenis hardware. Anda tinggal memilih informasi mana yang ingin Anda baca.
Screenshot-from-2013-07-27-060646


Keep Share !

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer