Breaking News
Loading...
Monday, March 3, 2014

Membuat Bootable USB Lewat Console

12:54 AM
Assalamu'alaikum, selamat malam salam sejahtera. Kembali bersama ane admin ganteng. Kali ini ane mau post soal membuat bootable usb drive linux menggunakan console / terminal. Kenapa ane share ini?. Cerita dulu ya gan. Jadi gini, beberapa hari kemarin waktu ane mau install kali linux enggak jadi-jadi ( gak mau boot ). Udah ane coba pake 4 aplikasi buat bootable ( kalo mau downlaod tinggal klik aja nama appsnya ) seperti unetbootin, lili, windisk imager dan satu lagi ane lupa namanya. Tapi yang terjadi bootable kali linux yang udah ane buat pake aplikasi yang ane sebutin tadi enggak mau boot. Waduh ini emang bootablenya yang enggak jadi atau emang corrupt iso kali linux yang ane punya. Kemudian ane coba dah tuh pake laptop lain, eh ternyata lancar jaya. Apa yang salah? entah lah. 
Tak kunjung mendapatkan jawaban dari forum ane inisiatif sendiri coba googling yang sebelumnya nggak nemu pencerahan. Nah akhirnya terfikir kenapa enggak buat bootablenya lewat console / terminal kebetulan dilaptop ane udah ada backtrack yang udah tertanam. Ya udah langsung aja tuh ane buat. 
Selesai buat langsung dah ane coba buat boot dan hasilnya sukses. Entah faktor apa yang membuat ke 4 aplikasi tadi enggak jadi pake console / terminal malah jadi. Ah, bodo amat lah yang penting bootable ane jadi dan bisa install kali linux.
Nah, siapa tahu agan pernah ngalamin dan belum terselesaikan masalah sama kaya yang ane udah ceritain diatas. Oke setelah ente masuk ke dalam linux ente sekarang buat bootablenya.
Buka console dan ketikan buat lihat dimana usb drive ente
root@Hades:~# fdisk -l
Kalo udah, sekarang tinggal coret-coret pake ini.
root@Hades:~# sudo dd if=[path to the *.iso file] of=/dev/sdb [usb drive ente] bs=4M; sync
jadi contoh aja punya ane.
root@Hades:~# sudo dd if=~/media/DATA/Linux/kalilinux.iso of=/dev/sdb bs=4M; sync
Jangan tutup terminal sebelum muncul notifikasi selesai gan. Maaf kagak ane sertain SS. Lagi angon wedus soalnya gan. Mudah?, ya sangat mudah. Ribet-ribet nyari solusi ternyata ada yang gampang dan cespleng kaya obat kuat. Hahaha...
Sekian semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer