Breaking News
Loading...
Monday, March 3, 2014

Conect Modem Menggunakan Wvdial

1:00 AM
Jam malam waktunya ngampret gan. Mumpung mata belum berat posting blog aja dah. Oke post kali ini ane mau share cara konekin modem pake wvdial di backtrack. Kalo install diwedus sih gampang, bisa dibilang sangat jarang ada problem, paling cuma masalah kompatible kalo enggak ya emang modem ente yang udah rusak. Tapi akan beda urusan kalo kita coba konekan modem di linux terutama om naga. Masalah ini udah sering banget jadi topik di tiap forum linux. Mulai dari modem nggak terbaca dan masih banyak lagi masalah yang lain. 

Saoalnya ane juga ngalamin sendiri ribetnya install modem pada om naga ( watu itu awal-awal pake linux ) jadi ane share aja caranya. Buat aplikasinya ane pake wvdial. Kalo belum punya silahkan sedot punya ane aja disini. Didalemnya udah ane urutin pake angka. Install satu-satu sesuai angka yang udah ane buat. Karena file nya ane buat rar jadi ente extract dulu.

root@kurawa:~# unrar -e [ nama file].rar

Sekarang tinggal install satu persatu sesuai nomor yang udah ane buat.
root@kurawa:~# dpkg -i [ nama file 1/2/3/4/5/6/7 ].deb

Kalo udah sekarang colokin modem ente dan memulai configurasinya. Ketika modem ente dicolokin liat gan. 

root@kurawa:~# lsusb

Modem ente masih dinekali sebagai CDROM ( lihat desktop ). Buat ngakalin biar kebaca modem eject dulu modemnya.

root@kurawa:~# eject /dev/sr1

Tunggu sebentar dan modem ente udah kebaca.
Sekarang tinggal setting serial vendor dan product modem. Perhatikan pada ID hasil lsusb.

root@kurawa:~# modprobe usbserial vendor=0x2001 product=0x7d01 
root@kurawa:~# wvdialconf

Nih ane kasih SS penampakannya.
Bisa ente liat pada penampakan ( tulisan yang ane block ) diatas modem usb kita udah terbaca. Lanjutkan step buat konfigurasi wvdialnya. Buka file wvdial.conf.

root@kurawa:~# nano /etc/wvdial.conf 

Konfigurasinya silahkan sesuaikan sama kartu yang ente gunakan. Kalo males ngedit ya copas aja. Nih ane kasih configurasinya sedot disini
Save konfigurasinya dan keluar. Buat konekinnya tinggal panggil lewat terminal

root@kurawa:~# wvdial
Nyess!!! Kalo jadi kayak gini penampakannya gan.
Kalo nggak jadi coba cabut modem terus colokin lagi. Kalo enggak restart sekalian. Kalo nggak jadi juga bisa ane simpulin muka ente kurang ganteng. Hahaha..

Udahan lah, semoga bermafaat. Sampai ketemu dipost ane selanjutnya. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer